Apakah nama merk motor yang di produksi oleh PT Triangle Motorindo

STV dulu baru STP (Segmentasi, Targeting and Positioning)


Sebagai orang Marketing, istilah STP (Segmentasi, Targeting dan Positioning) mungkin sudah menjadi pembicaraan sehari-hari. Masing-masing bagian dari STP sendiri pun dapat di-urai lebih mendalam.

STP, sering juga disebut sebagai element dari Marketing Strategy. STP adalah bagian dari STV.

Strategy yang terdiri dari STP
Tactical (Diferensiasi, Marketing Mix (4P+3P) dan Selling)
Value yang membahas Brand Image dan Services.

Apa yang bisa kita pelajari dari STP ?

SEGMENTASI merupakan Mapping Strategy. Disebut demikian, karena tujuannya untuk memetakan pasar. Pasar yang begitu luas, tidak mungkin dapat dilayani seluruhnya. Sehingga harus dikelompokkan. Pengelompokan bisa berdasarkan apa saja. Ada yang mengelompokkan berdasarkan Geographi (Kota-Pinggiran- Desa, Provinsi, Kabupaten, atau apasaja). Ada yang berdasarkan Demographi (Gender, Usia, Pendidikan, Social Economic Status-SES, Pekerjaan, dll), atau Behavioral (User-non user, frekuensi heavy-medium- low, dll), terakhir berdasarkan Psichography (Lifestyle, dll). Pengelompokan segmen, mesti didasarkan pada Homogenitas anggota di dalam kelompok, dan heterogenitas antar kelompok.

TARGETING disebut sebagai Fitting Strategy. Lantaran tujuannya mencocokkan (fitting) internal capability dengan consumer needs. Segmen pasar yang telah dikelompokkan, dipilih untuk dijadikan sebagai sasaran utama dari semua sumber daya yang dimiliki.
Dalam memilih segmen yang akan dijadikan sebagai sasaran (target) ada 3 acuan.
Ukuran (size). Pilihlah segmen yang berukuran besar. Jumlahnya memadai. Memilih pasar kecil (niche market) tampaknya lebih mudah, namun sering terkendala dalam hal profit dan minimalisasi biaya.
Bertumbuh (growth). Pilihlan segmen yang sedang bertumbuh. Banyak segmen yang memiliki jumlah pelanggan yang besar, namun secara grafik menunjukkan penurunan. Misalnya penggunaan kamera manual. Pengguna facebook saat ini belum terlalu banyak. Tapi, dalam waktu 1-2 tahun mendatang, segmen ini akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa.
Keunggulan bersaing (competitive advantage). Pilihlan segmen yang bisa anda kuasai. Jangan masuk ke pasar yang sudah terlalu penuh. Apalagi hanya menjadi pelengkap.

POSITIONING sering juga disebut sebagai Communication Strategy. Positioning bertujuan menempatkan perusahaan/merek dalam benak konsumen relatif terhadap kompetitor. Positioning banyak berkutat dengan awareness, image dan Association. Tujuannya memenangkan posisi di Benak dan Hati Konsumen (Mind Share and Heart Share)


comment 0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2010 . is proudly powered by Blogger