Salam Viar,
Bagi teman teman pengguna motor Viar ini adalah tip dalam perawatan service ringan untuk penguna motor viar,
Informasi informasi ini semoga dapat bermanfaat ....
1.Valve / klep .
Salah satu factor yang mempengaruhi tenaga mesin adalah kerenggangan klep.
Bila klep kendor akan menimbulkan suara berisik/taping noise
Bila klep terlalu kencang klep bisa terbakar .
Bila setelan klep tidak pas maka akan mengakibatkan pasokan gas bahan bakar jadi kurang.
Gas buang tidak terbuang semua.
Ukuran jarak renggang klep 0,05 mm untuk motor bebek dan 0.10 mm untuk motor Sport.
Cara menyetel klep :
Bagian bagian yang diperhatikan
Pertama tama posisi kan piston dalam keadan kompresi
1. Buka tutup tutup untuk memutar baut magnet.dengan Obeng min besar
2. Buka tutup penintai tanda penyesuaian. Dengan Obeng min besar.
3. Pakai kunci T 12 untuk memutar baut magnet motor Sport
4. Buka tutup klep dengan Kunci ring 17 untuk bebek/Cub.
5. Pakai kunci 24 untuk type Sport.
6. Putar magnet searah putaran mesin.dengan menggunakan kunci T 14 ,untuk motor bebek / cup jangan sekali kali memutar magnet berlawanan dengan putaran mesin.
7. Perhatikan klep IN pertama tama turun terus naik.
8. Ketika naik Perhatikan lubang cover mesin kiri ,bila sudah terlihat tanda T pastikan tanda T tepat pada garis penyesuaian hentikan putaran magnit.
9. (Penyesuaian yang ada di cover se garis dengan tanda T yang ada di Magnet ) Pastikan posisi klep dalam keadaan bebas,pengecekannya dengan cara menggerakan klep keatas dan kabawah.
10. Kendorkan mur/ tapped nut / lock nut pengencang setelan klep dengan kunci ring 9 untuk motor bebek / cup dan ring10 untuk motor sport ,kendorkan baut penyetel klep ( Adjusting Screw ) dengan mengunakan kunci klep.
11. Atur jarak dengan mengunakan fuller yang telah ditentukan
12. Bila jaraknya sudah tepat kencangkan mur pengencang baut setelan klep tadi Dengan menahan baut setelan klep.
13. kick statarter di selah selah.
14. Ulangi putar magnet sampai kondisi untuk setel klep,cek jarak renggang klep
15. Bila tidak tepat ukurannya ulangi penyetelan klep , bila sudah tepat setelannya tutup klep tersebut.
Catatan bila kita mau setel klep pastikan kondisi mesin keadaan dingin.
Urutan urutan nya tidak boleh diacak ,bila salah dalam menentukan TOP bisa mengakibatkan klep bengkok.
Kunci Kunci Yang Digunakan :
Bersambung.. . . . . . . . .
0 komentar:
Posting Komentar